PERBEDAAN KANDANG OPEN HOUSE DENGAN KANDANG CLOSE HOUSE

Selain berbeda konstruksi dindingnya, kandang terbuka mempunyai perbedaan konsep kerja dengan kandang close house, diantaranya adalah :

1. Perbedaan Konstruksi Bahan Kandang Open dan Kandang Close House.

Kandang tipe open house mempunyai dinding yang terbuka. Pada umumnya dinding kandang terbuka terbuat dari kayu atau bambu. Sedangkan pada kandang close house (merupakan inovasi yang diperkenalkan oleh industri peternakan ayam broioler di USA) biasanya terbuat dari bahan-bahan permanen seperti besi yang dilengkapi atap plavon. Bahan permanen seperti besi dipilih untuk melindungi berbagai alat peternakan yang terdapat di dalamnya.

2. Perbedaan Sirkulasi Udara Kandang Open dan Kandang Close house

Tipe kandang open house dengan dinding yang terbuka cenderung memiliki sirkulasi udara yang terlalu bebas, ini mengakibatkan ternak dapat terpapar udara bebas. Ternak tidak akan terlindung dari panas, dingin, angin, hujan, dan intensitas sinar matahari yang terik. Akibatnya ternak dengan kandang terbuka rawan terhadap berbagai penyakit akibat perubahan udara.

Pada kandang close house menawarkan sirkulasi udara yang nyaman. Peternak dapat mengatur suhu udara yang diinginkan menggunakan berbagai peralatan yang terdapat di dalam kandang. Bila suhu udara terlalu panas, peternak dapat menggunakan cooling system yang ada untuk mendinginkan suhu di dalam kandang.

3. Perbedaan Higienitas Kandang Open dan Kandang Close House.

Kandang open house (kandang terbuka) sama sekali tidak melindungi ternak dari kontak dengan dunia luar. Akibatnya, ternak sangat rentan terjangkit berbagai penyakit ataupun wabah ternak akibat bakteri dan virus yang tersebar melalui udara.

Berbeda dengan konstruksi kandang close house yang menawarkan higienitas tingkat tinggi. Ternak terbebas dari kontak dengan dunia luar dan artinya bebas dari segala ancaman penyakit.

4. Perbedaan Biaya Pembuatan Kandang Open dan Kandang Close House.

Pembuatan kandang ayam tertutup (kandang close house) membutuhkan biaya yang relatif jauh lebih mahal dari pada kandang terbuka (kandang open house). Peternak perlu membeli bahan-bahan permanen seperti besi, plavon, dan berbagai peralatan pendukung sirkulasi udara dalam kandang seperti pendingin dan kipas angin. Tetapi biaya yang mahal ini menjanjikan suatu keuntungan berlipat karena produksi ternak akan meningkat dan angka kematian ternak akibat berbagai penyakit dapat ditekan

3 thoughts on “PERBEDAAN KANDANG OPEN HOUSE DENGAN KANDANG CLOSE HOUSE

  1. Pingback: Kualitas Air Minum Kandang Close House | PERALATAN KANDANG-ALAT KANDANG BROILER-CLOSE HOUSE BROILER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *