TMAO MEDION

Alat Peternakan Kandang Close House : Tempat minum (Drinker)

Selain tempat pakan, peralatan kandang close house yang lain adalah tempat minum. Tempat minum untuk ternak ayam banyak sekali pilihannya, mulai bentuk konvensional sampai yang modern. Seperti bilahan pipa paralon, bilahan bambu, botol aqua yang dilubangi tengahnya, nipple (tempat minum otomatis untuk satuan), gallon minum manual, dan gallon minum otomatis.

Penggunaan Tempat Minum Ayam Otomatis (TMAO) pada kandang close house mempunyai keunggulan, karena air minum untuk ayam akan selalu tersedia, selain itu juga air selalu segar. Sistem ini aman digunakan karena terbuat dari bahan yang berkualitas dan tidak toksik (beracun). Masalah utama yang sering terjadi air mampet (tidak keluar). terutama saat ada jadwal pengobatan. Masalah yang lain dan sering tidak kita sadari yaitu terbentuknya biofilm. Biofilm jika dibiarkan dapat menjadi media tumbuhnya mikroorganisme patogen, salah satu contohnya yaitu bakteri Escherichia coli. Tak heran jika banyak peternak mengeluh seringkali kasus colibacillosis sulit diberantas.

Perawatan harian untuk TMAO pada kandang close house mencakup pembersihan piring kerucut dengan menggunakan lap (kain) kering. Pembersihan piring kerucut ini untuk meminimalkan adanya kotoran seperti ransum/litter yang masuk ke dalam TMAO. Perawatan mingguan dilakukan dengan membuka tutup tangkai untuk membersihkan kotoran yang menempel pada filter dan tutup filter kemudian lakukan flushing (menyemprotkan air dengan tekanan). Perawatan bulanan yang perlu dilakukan yaitu menguras bak penampung air. Hal ini untuk menghindari kemungkinan adanya partikel-partikel lumpur yang mungkin mengendap di bak penampung air dan juga untuk menghindari adanya pertumbuhan biofilm di bak penampung air. Suhu udara yang panas dapat mempercepat pertumbuhan biofilm. Pencucian dan perendaman (selama 30 menit) dengan menggunakan desinfektan misalnya dengan Medisep atau Mediklin pada semua bagian atau spare part TMAO juga perlu dilakukan secara periodik.

Bersihkan TMAO secara berkala

Agar sistem otomatisasi TMAO pada kandang close house tidak mudah rusak, saat ada jadwal pengobatan atau pemberian vitamin larutkan secara sempurna. Bersihkan pipa saluran air dan selang TMAO secara periodik minimal 1 bulan sekali (ayam petelur) atau 1 periode pemeliharaan sekali (ayam pedaging) untuk menghilangkan sisa-sisa obat/vitamin. Akan lebih baik lagi, jika dilakukan sesegera mungkin setelah pelarutan obat atau vitamin tersebut.

Perawatan indukan buatan akan berpengaruh terhadap kelancaran pemeliharaan ayam, terutama pada masa brooding. Masa awal pemeliharaan akan menjadi penentu pemeliharaan ayam berikutnya. Begitu pula perawatan tempat minum ayam, akan berpengaruh juga terhadap ketersediaan air minum dengan jumlah yang cukup dan kualitas air yang memadai.

Sumber : infomedion online

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *